bumi buton indonesia

bumi buton indonesia
PROSESI PINGITAN ALA BUTON

Senin, 09 Mei 2011

LAHIRKAN KEMBALI KESULTANAN DI NEGERI BUTHUUNI DALAM PROSPEKTIF MEMBANGUN KOTA BAUBAU MENUJU KOTA DUNIA



OLEH : DR. ZAKIR LA ANDJO



KEKUATAN (Strengths) : Aset budaya yang begitu bernilai tinggi perlu mendapatkan perhatian khusus dan istimewa dari berbagai stake-holder negeri dan negara ini, Potensi Kekuatan Budaya ini sangat perlu digali, dikaji, dikembangkan/ akan disosialisasikan, ditransfer dan dilestarikan oleh generasi hari ini dan generasi mendatang

KELEMAHAN (Weaknesses) : Ketidak adaan manajemen aktif di lingkungan Benteng Keraton slm ini telah melemahkan, bahkan memudarkan nilai2 luhur budaya Buton kepada generasi pewarisnya.

PELUANG (Opportunitis) : Adanya Undang-undang Otonomi khusus seperti Jogyakarta, Aceh dan Papua, maka tidak menutup kemungkinan Kesultanan Buton juga akan diterapkan serupa di wilayah Ex-Kesultanan Buton pada masa yang akan datang.

TANTANGAN (Threatments) : Tantangan akan sgt berat dihadapi adalah, apabila menerapkan sistem kesultanan seperti sistem yang dianut oleh Kesultanan lama, yg masih melihat perbedaan hirarki sosial dikalangan masyarakat Buton. Oleh karena itu, maka Sistem pengangkatan Sultan selanjutnya, perlu dikoreksi, disesuaikan dengan nilai2 sosial yang berlaku saat ini, dengan mengesampingkan hirarki sosial feodalisme.

HUBUNGAN DGN PEMERINTAH R.I. : Kesultanan Buton akan tetap berada dan secara konstitusional merupakaian bagian yng tidak terpisahkan dari NKRI.

HUBUNGAN DGN PEMDA/PEMKOT : Pemerintah Daerah/Pemerintah Kota di wilayah Ex-Kesultanan Buton akan merupakan aset yang tidak terpisahkan dari Kesultanan Buton. dalam artian bahwa untuk tetap tegaknya Kesultanan ini, maka setiap Kabupaten/Kota harus memberikan royalti kepada Kesultanan yang dialokasikan secara berkelanjutan dari APBD masing-masing daerah tsb.

HUBUNGAN INTERNASIONAL : Benteng Keraton yang juga merupakan aset dunia, masyarakat dunia secara proaktif akan turut menjaga kelestarian Benteng ini, agar masyarakat dunia bisa mengenal Benteng ini maka Lembaga Kesultanan secara proaktif akan berhubungan dengan berbagai bangsa di dunia akan mempromosikan keberadaannya,

MANAJER BENTENG : Benteng Keraton Buton merupakan Benteng Keraton terbesar di dunia. ini menandakan sesungguhnya Kesultanan Buton kedepan akan menjdi titik pandang masyarakat Dunia. Sangat disayangkan apabila aset budaya Dunia ini tdk terurus dgn baik, Sultan Buton akan bertanggung jawab dan berperan aktif sebagai Manajer/ Pengelola aktif Benteng Keraton Buton****

SUMBER
http://www.facebook.com/editprofile.php?sk=contact&success=1#!/home.php?sk=group_196514377036944&ap=1

Tidak ada komentar: