bumi buton indonesia

bumi buton indonesia
PROSESI PINGITAN ALA BUTON

Sabtu, 23 April 2011

KEHANCURAN ORANG BUTON KARENA DESIGN BY ACCIDENT

OLEH : DETIF RAHIM



Kehancuran BUTOn karena DESIGN BY ACCIDENT, kalimat ini perlu menjadi renungan kita bersama, bahwa BUTON hancur karena ORANG BUTON sendiri. Orang BUTON yang mencoba merongrong karena MONARKI KEKUASAAN, PERSONAL INTEREST, hingga PEMBODOHANpun dilakukan.

Beginikah karakter ORANg BUTON sejatinya,,,!!

Mungkin saja YA atau TIDAK,, tetapi siapa sangka BUTON yang memiliki SEJARAH PANJANG KESULTANAN di NUSANTARA bahkan DIDUNIAPUN terakui dengan KABANTINYA misalkan, tergores dengan PENCIPTAAN SEJARAH yang BURUK hingga generasi BUTON kekinian terpolarisasi karena KEPENTINGAN INDIVIDU semata. terpolarisasi pembentukan KEAKUAN, KEANGKUHAN, KEEGOISAN dan sebagainya terpatri dalam benak dan HATI orang BUTON.

Lalu Bagaimanakah BUTON masa DEPAn sejatinya...!!

Mungkinkah nilai-nilai FALSAFAH BUTON atau NILAI-NILAI KABANTI BUTON tergadaikan sementara hanya karena KEAKUAN,,,?! ya keakuan tertanam dalam diri PERSONAL orang buton hingga membentuk DESIGN BY ACCIDENT. Pembentukan dengan melahirkan ATRIBUT-ATRIBUT TERSENDIRI hingga merusak tatanan PENYATUAN BUTON.

 Design By Accident Orang Buton

Untuk Menuju pada PENYATUAN BUTON sepertinya masih sangat LAMA berproses. hal ini disebabkan karena KITA masih menjunjung TINGGI DEMOKRASI KAPITALIS. Demokrasi KAPITALIS yang sudah mendarah daging didalam HATI ORANG BUTON. DAging yang suah menyatu dengan ALIRAN DARAH orang BUTON hingga terebentuk dengan PEMIKIRAN BORJUIS.

Pemikiran BORJUIS yang mengesampingkan PENYATUAN BUTON dan berbicara UNTUNG DAN RUGI hingga PETUAH-PETUAH LUHUR hanya menjadi SLOGAN SAJA,, YA slogan yang hanya dikumandangkan saat proses PILKADA digelar. beribu-ribu STRATEGI, PENDEKATAN digunakan untuk mencapai satu TUJUAN ELIT KAPITALIS.

inilah penciptaan histori by design accident yang saya maksudkan,,, proses penciptaan ini akan tertular oleh regenerasi dan merekapun mengikuti jejak kita kekinian.. jejak sejarah terwarisi oleh mereka yang tidak berdosa hingga mereka menerima suatu kenyataan masa silam karena KITA hari ini.

Ya karena kita yang menciptakan sejarah by ACCIDENT, suatu kecelakan sejarah berkepenjangan hingga sulit rasanya menyatukan BUTON.****

Sumber :
http : //.www.facebook.com/home.php?sk=group_182030075144825&ap=1#!/home.php?sk=group_182030075144825&view=doc&id=220692997945199

Tidak ada komentar: