bumi buton indonesia

bumi buton indonesia
PROSESI PINGITAN ALA BUTON

Minggu, 14 Februari 2016

MAKAM GAJAH MADA TAK ADA DALAM BENTENG TAKIMPO

OLEH : ALI HABIU


 La Aisi
 

Berbagai perdbatan para tokoh adat dan pemuka masyarakat Pasar Wajo yang berdiam di desa Takimpo tentang kepercayaan mereka secara turun temurun akan adanya Makam leluhurnya Gajah Mada dalam Benteng Takimpo (diyakini dan dirahasiakan terdapat dibawah Baruga dalam kawasan Benteng Takimpo) kini telah pupus. Hal ini dibuktikan langsung dengan hasil wawancara penulis dengan salah seorang tokoh parabela Takimpo Lipu Ogena bernama La Aisi. Hasil wawancara beliau mengatakan bahwa penyelesaian yang benar seputar masalah kepercayaan masyarakat Takimpo akan makam leluhurnya Gajah Mada di kawasan benteng kota lama Takimpo harus mampu diselesaikan secara bathin bukan atas tutur sejarah saja. 
 
Menurut beliau bahwa setelah mengadakan tapah brata khusus untuk mengetahui siapa sebetulnya yang terdapat dalam makam rahasia yang terdapat dalam benteng desa Takimpo lama Lipu Ogena maka didapatnya bahwa ternyata kepercayaan masyarakat Takimpo atas makam leluhurnya Gajah Mada dan/atau prajurit setianya sebanyak 40 orang itu semuanya tidaklah benar. Dia mengatakan demikian sebab dalam pandangan bathin beliau tidak satupun diketemukan adanya mayat yang ditanam dalam lubang yang dirahasiakan di dalam kawasan benteng kota lama Takimpo tersebut. Dan beliau berkesimpulan bahwa makan prajurit setia Gajah Mada yang benar terdapat di Batauga desa Masiri bukan di kota lama Lipu Ogena Takimpo (dalam Benteng Takimpo)
 
 
.Benteng Takimpo di Pugar Masa Gubernur Ali Mazi
 
 
Hal ini sama juga yang didapatkan oleh penulis saat mengadakan pra riset penelusuran jejak prajurit Majapahit di wilayah eks Kerajaan Buton dan dari hasil pemantauan bathin langsung di lapangan dalam Benteng Takimpo kala itu. ****

Tidak ada komentar: